Banner 468 x 60px

 

Selasa, 24 Juli 2018

Mojokerto

0 komentar

            Kabupaten Mojokerto adalah sebuah Kabupaten di Provinsi Jawa Timur. Kabupaten ini resmi didirikan pada 9 Mei 1293. Di bagian utara Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Lamongan, bagian timur berbatasan dengan Kabupaten GresikKabupaten Sidoarjo; dan Kabupaten Pasuruan, kemudian Berbatasan langsung dengan Kabupaten Malang dan Kota Batu dibagian selatan, dan berbatasan dengan Kabupaten Jombang dibagian barat.
            Kabupaten Mojokerto sendiri terkenal dengan salah satu kecamatanya yakni Trowulan. Di Trowulan dahulunya memang pusat kerajaan majapahit, itu semua dapat dibuktikan dengan adanya berbagai situs peninggalan sejarah. Berikut adalah beberapa contoh tempat wisata yang berupa situs peninggalan sejarah yang ada di Mojokerto.

a. Candi Brahu               

                        










            Candi Brahu terletak di Dukuh Jambu Mente, Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Disebut Brahu diduga berasal dari kata wanaru atau warahu. Nama ini didapat dari sebutan sebuah bangunan suci yang disebut dalam Prasasti AlasantanCandi Brahu mempunyai Panjang sekitar 22,5 m, dengan lebar 18 m, dan berketinggian 20 meter. Dibangun dengan gaya kultur budha dan diperkirakan didirikan pada abad ke 15 masehi.

b. Kolam Segaran

             










            Kolam Segaran terletak di Dukuh Trowulan, Desa Trowulan, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Kolam Segaran ditemukan pada tahun 1926, tapi pada saat ditemukan kondisinya tertimbun tanah. Kolam ini memiliki luas kurang lebih 6,5 hektar. Para ahli memperkirakan bahwa kolam ini adalah telaga yang disebut dalam kitab Negarakertagama.

            Selain itu Mojokerto terkenal dengan berbagai seni tradisionalnya seperti Seni Bantengan, Seni Dagelan Ludruk, dan Tradisi Grebek Suro Majapahit. Sedangkan makanan yang terkenal berasal dari Mojokerto yakni onde onde jajanan ringan ini berbentuk bulat dengan kulit ditaburi biji wijen dan isi bagian dalamnya berupa kacang hijau yang telah dihaluskan. Keberadaan onde onde sendiri telah ada sejak jaman Majapahit dan menjadi makanan popular, maka tak heran Mojokerto disebut sebagai kota onde – onde. Selain itu ada juga jajanan khas Mojokerto yakni Krupuk Rambak, Krupuk ini terbuat dari olahan kulit sapi.

0 komentar:

Posting Komentar

Mojokerto

            Kabupaten Mojokerto adalah sebuah Kabupaten di Provinsi Jawa Timur. Kabupaten ini resmi didirikan pada 9 Mei 1293. Di bagia...